5/25/13



sarang serigala , spanyol - jujur saya baru mendengar kapan ini dari salah satu temen saya karena baru cek dan sangat menghebohkan, yaitu kabar yang menyatakan bahwa situs Liberty Reserve ( online payment processor ) yang biasa digunakan untuk transaksi keuangan,
khususnya dalam bisnis forex trading, dinyatakan DITUTUP oleh pihak yang berwajib.

Penutupan situs Liberty Reserve secara paksa ini dikarenakan tertangkapnya pendiri dan pemilik Liberty Reserve yang bernama Arthur Budovsky Belanchuk dalam kasus pencucian uang atau Money Laundering. Arthur Budovsky Belanchuk yang merupakan warga negara Ukrania, ditangkap oleh kepolisian negara Costa Rica, berkat kerja sama dengan kepolisian Amerika Serikat.
Pejabat kepolisian Costa Rica José Pablo González menyatakan bahwa memang Arthur Budovsky Belanchuk sudah lama diselidiki terkait kejahatan pencucian uang, yaitu sudah sejak tahun 2011.
Dan yang menghebohkan bahwa penyelidikan ini didasarkan pada indikasi adanya praktek pencucian uang yang terjadi dalam perusahan yang dimiliki oleh Arthur Budovsky Belanchuk, yaitu Liberty Reserve.

Situs Liberty Reserve yang merupakan salah satu Online Payment Processor yang ternama, diindikasikan menjadi alat bagi Arthur Budovsky Belanchuk untuk melakukan praktek tindak kejahatan pencucian uang, khususnya uang dari hasil perdagangan obat-obatan terlarang, dan juga dari situs-situs dengan konten dewasa yang menjadikan anak-anak sebagai objek.
Penangkapan yang dilakukan oleh kepolisian Costa Rica tidak terlepas dari penyelidikan yang dilakukan oleh kepolisian Amerika Serikat sejak tahun 2007. Sehingg akhirnya, Arthur Budovsky Belanchuk dapat ditangkap berkat kerjasama kedua institusi penegak hukum dari Costa Rica dan Amerika Serikat.

Saya sendiri awalnya tidak percaya bahwa situs Liberty Reserve benar-benar ditutup, namun setelah saya mencoba lansung untuk mengakses situs Liberty Reserve di http://www.libertyreserve.com , ternyata memang sudah tidak bisa di akses.

Hal ini sangat mengejutkan, karena saya berpikir, pasti banyak orang di dunia yang masih memiliki dana yang terdapat di akun Liberty Reserve mereka.
Saya pribadi masih memiliki dana disana sekitar $150
Kemudian yang menjadi pertanyaan besar saya adalah,
* jika benar situs Liberty Reserve ditutup selamanya, kemudian bagaimana nasib para pemilik akun Liberty Reserve, yang masih memiliki dana disana?
*Apakah kemudian ada upaya dari pihak berwajib untuk membantu orang-orang ini agar dapat mendapatkan kembali dana mereka, atau mungkin ada prosedur lainnya?


Jika LR teraudit dengan baik, maka masih ada harapan dana nasabah di account LR bisa kembali setelah proses yang panjang dan lama – seperti kasus MFGlobal yang bangkrut. Tapi melihat sejarah perusahaan ecurrency yang sudah gulung tikar seperti e-gold dan e-bullion, kecil kemungkinan hal tersebut bisa terjadi.

Broker forex sebagai salah satu pialang penerima dana pembayaran trader melalui LR belum memberikan penjelasan mengenai LR.




Seperti yang kita lihat dari hasil pemeriksaan kepemilikan domain www.libertyreserve.com, Name Server (NS) : shadowserver.org adalah dns yang biasa digunakan untuk me-nullroute domain yang disita oleh pengadilan USA (contoh: http://www.fbi.gov/newhaven/press-releases/pdf/nh041311_2.pdf )

Masih belum jelas apakah null-route ini aksi hacker, atau berhubungan dengan kasus penangkapan Budovsky.


Yang pasti kita masih perlu menunggu kelanjutan dari kasus pencucian uang yang dilakukan oleh Arthur Budovsky Belanchuk si pemilik situs Liberty Reserve ini.
Semoga ada jalan keluar yang terbaik, khususnya bagi para pemilik dana di Liberty Reserve.

*sumber: http://www.ticotimes.net/More-news/....ay-May-24-2013 >>
Silahkan baca berita di link tersebut terkait situs Liberty Reserve ditutup karena kasus pencucian uang

9 comments:

  1. Betul sekali, padahal kemarin baru saja saya buka dan itu baik2 saja, tapi sekarang, sudah tidak bisa -__-

    ReplyDelete
  2. iya sist sayang sekali...padahal saldo mau saya depo ke forex...semoga saja bisa kembali
    amin

    ReplyDelete
  3. yang jadi soal apa benar admin LR adalah Budovsky Belanchuk

    ReplyDelete
  4. ngeri, dana saya dan adik saya ilang. Adik saya menangis dari kemarin. Soal ratusan dolar simpanannya kolap. Kalau saya masih 80 USD.

    ReplyDelete
  5. @marsuky...saya sudah mengecek ke salah 1 situs web d spanyol dengan msalah LR...u/ saat ini saya juga sedikit bingung dengan siapakah sebenarnya Budovsky Belanchuk cm yg saya ketahui sampai ini dia adalah arthur Budovsky Belanchuk umur 39...

    @anonim...saya juga ada $150 gan..
    semoga saja itu hanya ulah para hacker yang mendeface server mereka...sehingga DOWN...
    semoga saja cepat diselesaiikan dan kembalikan dana di ribuan account LR
    amin

    ReplyDelete
  6. @teky yodantika iya gan, semua pada menanti kabar kelanjutan liberty reserve, karena korban benar benar seluruh belahan dunia, bahkan orang amerika sendiri masih menunggu terus. Dan memang terberat adalah dana changer yang ribuan dolar disana. Saya juga telat mau depo forex jumat, situs udah no connection. Saya kira cuma maintenane, tapi dengan datangnya kabar penangkapan polisi jadi semakin kuatir walau biasanya kejadian spt ini sering karena maintenane.

    ReplyDelete
  7. yah semoga saja cepat diselsaikan dan bertanggung jawab atas dana di ribuan account LR
    amin

    ReplyDelete
  8. kabarnya LR akan buka kembali tgl 1 juni 2013 kita lihat saja nanti

    ReplyDelete
  9. @bestbrokerforex.....amin...semoga saja itu bukan isu belaka gan....

    @anonim w udah pake broker instaforex bray

    ReplyDelete

" pembaca yang baik adalah yang meninggalkan komentar "
bagi yang mau nambahin silahkan coret - coret dinding dibawah ini.......!!!!
saya terima keripik pedasnya :D
SEMOGA BERMANFAAT.....!!!!!